The Decision
Setelah banyak komparasi dan pertimbangan. Tiba saatnya Anda memutuskan atau merekomendasikan software mana yang akan Anda pakai. Keputusan yang besar dan mengandung resiko yang tidak sedikit. Keputusan ini akan berpengaruh ke banyak orang, terutama yang paling penting, the owner. Namun jangan khawatir, Anda tentunya sampai pada titik ini setelah melalui proses yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Kendala dan masalah setelah keputusan tersebut dibuat pasti ada. Apapun keputusan Anda, yakinlah tidak ada keputusan yang 100% bebas dari kesalahan atau bias. Yang ada hanyalah keputusan yang tepat berdasarkan sumber daya dan informasi yang Anda miliki. Jadi, apapun software accounting yang jadinya akan Anda pakai. Hadapilah kelebihan dan keterbatasannya. Satu hal lagi yang mungkin perlu dijadikan pertimbangan. Pilih software yang rajin memberikan update dan upgrade dari keterbatasan yang mereka miliki. Pilih software yang peka terhadap kebutuhan dan keluhan dari para usernya.
- Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah memutuskan software accounting yang akan digunakan :
- Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan tergiur dengan paket dengan banyak fitur. Kalau banyaknya fitur tidak atau belum Anda butuhkan, lantas buat apa? Ibarat Anda beli Ferrari tapi Anda takut kecepatan, mubazir.
- Usahakan mulai implementasi di awal tahun buku. Ini memudahkan proses pembuatan laporan keuangan. Jadi datanya tidak terbagi di dua software accounting yang berbeda. Implementasi di awal tahun sangat membantu meringankan kerja accounting dan administrasi.
- Mulai berlangganan beberapa bulan sebelum implementasi. Jadi Anda punya waktu untuk migrasi data, adaptasi, dan mensimulasikan input data riil perusahaan Anda ke dalam software, mencari tahu potensi permasalahan yang mungkin timbul setelah implementasi, menjaring keluhan dari user. Pada tahap ini usahakan semua user bisa hands-on terhadap software yang baru. Paling tidak sebulan sebelum implementasi. Untuk meminimalisir penolakan dan kekagetan ketika nanti di awal tahun buku.
- Pikirkan semua skenario transaksi yang terjadi dan bagaimana input serta troubleshootingnya di software yang baru. Di tahap ini pentingnya customer support akan sangat terasa. Dalam kasus saya, di dua bulan pertama saya menggunakan Jurnal.id, hampir tiap hari saya menghubungi CS via chat service. Dan itu sangat amat membantu.
- Cari dan gabung komunitas user. Ada beberapa hal yang mungkin CS pihak software tidak bisa menyelesaikannya. Justru Anda dapat jawabannya dari sesama pengguna.
Dan jangan lupa untuk memanfaatkan sebanyak mungkin fitur yang disediakan. Sayang kan kalau Anda sudah bayar untuk 100 fitur tapi hanya pakai 30an. Pastinya tidak semua fitur relevan dan akan Anda pakai. Setidaknya sebagian besar fiturnya bisa Anda pakai. Jika memang ada keterbatasan, maka perlu anda cari workaround nya diluar software tersebut.
Dan terakhir, selamat menggunakan software accounting yang baru. Dan jangan lupa untuk selalu kritis.