Apakah anda mencari sesuatu?

B2B Sales harus paham 10 hal

May 27, 2025 at 1:45 pm
image
    • WIDDY FERDIANSYAH
      Participant

      Rockstar

      4 Requirements

      • Log in to website 25 times
      • Reply to a topic 7 times
      • Create a new topic 5 times
      • Watch any video 2 times
      GamiPress Thumbnail
      Achievement ThumbnailAchievement Thumbnail
      Image 1 replies
      Image 12 views
        Up
        0
        ::

        1. Semakin kompleks proses pengambilan keputusan client, semakin besar biaya yg harus dikeluarkan oleh salesman. Make it worth it!

        2. Decision maker adalah orang yg bisa lsg menolak proposalmu. Jd klo kamu menerima penolakan yg sifatnya conclusive & pasti, artinya kamu sedang berurusan dgn decision maker yg sebenarnya

        3. Value selling adalah pendekatan yg plg ideal dlm menjual, tp bukan berarti efektif setiap saat & berlaku di semua client. Beberapa client sangat price sensitive & di masa2 economic downturn, price will be the first priority not value

        4. Kamu akan dibandingkan dgn vendor lain. Itu suatu hal yg pasti. Harga akan dibandingkan. Fitur akan dibandingkan. Reputasi akan dibandingkan. Hanya trust yg tdk bisa dibandingkan. Trust is a zero sum game. Either you trust someone or not at all

        5. Jangan pernah bicara jelek ttg kompetitor anda. Client tdk akan suka itu. Bahkan atasan anda tdk akan suka itu. Anda boleh membuka kelemahan kompetitor anda, tapi dgn tujuan untuk membuat perbandingan saja

        6. Bagaimana cara mendapatkan prospek baru? Dengan melakukan prospecting. Gak ada cara lain. Personal branding itu penting, tp anda tdk akan pernah bisa mendapatkan steady flow of prospect dari personal branding saja. Do network. Do cold call. Jangan malas. Lakukan setiap hari. Disiplin adalah koentji

        7. You have to have someone yg bisa menjadi mata2 anda di industri. Siapa dia? prospek yg menolak anda. Jadikan dia teman anda, lalu sering2lah bertemu dia untuk mendapatkan info serta update terbaru di industri mereka. Ingat: orang yg plg paham industri adalah mereka yg ada didalamnya, bukan anda. Kenapa bukan dgn client anda? Tdk bisa, karena anda dan client punya perjanjian bisnis serta kerahasiaan data. Mereka tdk akan mau membongkar info2 yg ada di industrinya, karena hal ini bisa saja merugikan mereka saat akan kembali bernegosiasi dgn anda nantinya

        8. Selalu usahakan multi year contract. Dgn multi year contract, anda tdk perlu khawatir client akan lari ke “lain hati”, selain itu atasan amda akan lbh menyukai anda. Multi year contract kebal akan dinamika pasar karena harga serta terms telah disepakati diawal

        9. B2B is a long game. Jgn pernah lelah untuk follow up & selalu miliki automatic self reminder. Tentukan key deliverables diawal agar semua pihak ada di satu pemahaman. Jgn sampai ada surprise diakhir diskusi atau tender

        10. Di dunia B2B, informasi adalah segalanya. Apabila anda memiliki informasi ttg prospek, jgn pernah share informasi tsb ke siapapun. Klo prospek mewajibkan anda sign the NDA artinya “jeroan” prospek tsb adalah informasi yg sangat rahasia. Tdk mudah mendapatkannya, so you have to guard it very well

      • Albert Yosua
        Participant

        Legend

        4 Requirements

        1. Log in to website 50 times
        2. Reply to a topic 50 times (Optional)
        3. Watch any video 10 times (Optional)
        4. Create a new topic 20 times
        GamiPress Thumbnail
        Achievement Thumbnail
        Image 1 replies
        Image 12 views

          Setuju sekali, Mas WIDDY FERDIANSYAH! Poin-poin ini sangat fundamental dan insightful bagi siapa pun yang berkecimpung di dunia B2B Sales.

          Beberapa poin yang menurut saya paling krusial adalah:

          Poin 2 (Decision Maker): Ini adalah kunci efisiensi dalam proses penjualan. Membuang waktu dengan gatekeeper atau orang yang tidak punya kewenangan final hanya akan membuang waktu dan biaya. Mengenali decision maker sejak awal sangat penting.
          Poin 3 (Value vs. Price Selling): Realita di lapangan memang seringkali menuntut fleksibilitas. Meskipun value selling ideal, pada kondisi tertentu, price sensitivity memang tidak bisa dihindari. Kemampuan untuk beradaptasi dengan prioritas klien adalah indikator salesman yang handal.
          Poin 4 (Trust is a zero sum game): Ini adalah esensi dari B2B sales. Reputasi dan fitur bisa dibandingkan, tapi kepercayaan tidak bisa dibangun semalam. Ini adalah aset tak ternilai yang membedakan Anda dari kompetitor.
          Poin 6 (Do prospecting. Do network. Do cold call. Jangan malas. Lakukan setiap hari. Disiplin adalah koentji): Ini adalah mantra bagi salesman sejati. Tidak ada jalan pintas dalam mendapatkan prospek. Kerja keras, konsistensi, dan disiplin adalah fondasi utama.
          Poin 9 (B2B is a long game): Kesabaran dan ketekunan adalah modal utama. Follow-up yang konsisten, penentuan key deliverables yang jelas, dan komunikasi yang transparan akan sangat membantu dalam menjalin hubungan jangka panjang.

      Viewing 1 reply thread
      • You must be logged in to reply to this topic.
      Image

      Bergabung & berbagi bersama kami

      Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!