::
Saya akan share 3 langkah penting untuk mulai membangun personal branding yang bisa dicoba sama pemula.
1. Buat tujuan
Apa kebutuhan dan langkah selanjutnya di karier? Ada yang ingin mendapatkan pekerjaan, membangun bisnis, dipromosi, atau ganti karier.
Kalau dalam konteks saya, ada 3 tujuan utama melakukan personal branding
- Menarik potensi klien dan partner
- Belajar untuk mengkomunikasikan ilmu yang gue tau
- Memberikan kebermanfaatan buat orang lain
Tujuanmu ga harus sama dengan tujuan saya yang penting kamu punya tujuan dan sesuaikan sama kebutuhanmu.
2. Identifikasi aset yang kita punya
Biar personal brandingmu unik dan tetap otentik, coba list semua aset yang kamu punya lalu pilih kombinasi yang paling efektif untuk mencapai tujuan.
- Keahlian
- Bakat unik
- Skill
- Pengetahuan
- Pengalaman
- Karakter
- Penampilan fisik yang menarik
Coba bikin kombinasi yang menarik dari daftar tadi, sehingga bisa menjadi pembeda dengan orang lain.
Dalam kasus saya, saya mengkombinasikan
- Pengalaman kerja saya di company yang diambil
Kemampuan public speaking saya
Pengetahuan yang saya dapat dari buku dan course yang saya beli
3. Kenali target audiens
Professional branding itu gak cuma fokus ke diri sendiri, tapi justru fokus ke orang lain
Siapa yang mau kamu edukasi dengan skill, pengetahuan, expertise kamu?
Cara untuk tahu ini adalah dengan menjawab pertanyaan ini
- Siapa yang mendapat manfaat dari keunggulan yang kamu punya?
- Apa kebutuhan dan keinginan mereka?
- Gimana cara kamu bisa membantu mereka?
- Apa jenis konten yang mereka sukai?
Dari sini kamu akan dapat gambaran akan mulai membangun professional branding dengan cara apa.
Sebelum memulai cara bikin konten untuk personal branding, mulai dulu dengan 3 tahapan paling fundamental ini.
Best of luck!