Apakah anda mencari sesuatu?

Berhentilah Menghafal Jawaban Wawancara

February 7, 2025 at 1:08 pm
image
    • Lia
      Participant

      Legend

      5 Requirements

      1. Log in to website 50 times
      2. Reply to a topic 50 times (Optional)
      3. Watch any video 10 times (Optional)
      4. Create a new topic 20 times
      5. Reply to a topic 10 times
      GamiPress Thumbnail
      Achievement ThumbnailAchievement Thumbnail
      Image 2 replies
        Up
        0
        ::

        Berhentilah menghafal jawaban wawancara. Kuasai 10 langkah kekuatan EQ ini sebagai gantinya:

         

        Yes, preparation matters.

        Practice your key examples : misalnya coba cerita tentang pengalaman kerja yang paling berkesan atau tantangan yang berhasil kamu atasi. Yang penting, kamu siap menceritakannya dengan lancar saat wawancara nanti.

         

        Print an extra resume : jadi, pastikan kamu membawa lebih dari satu salinan resume saat wawancara, untuk jaga-jaga kalau mereka butuh.

        Research the company : jadi, sebelum wawancara, coba cari info tentang perusahaan tersebut, seperti budaya kerjanya, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan visi misi mereka. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dan menunjukkan ketertarikanmu pada perusahaan tersebut. 😉

         

        Tetapi ketika kamu sudah berada di ruang wawancara itu???? Kecerdasan emosionalmu yang bikin kamu beda dari yang lain.” ✨

         

        10 langkah jitu yang gak bisa mereka abaikan :

         

        1.      Kamu mengambil jeda sejenak sebelum memberikan jawaban penting

        ↳ Hitung sampai 2, lalu jawab. Menunjukkan kepercayaan diri yang bijaksana.

        Jadi, sebelum kamu menjawab pertanyaan penting, hitung dulu sampai 2 baru deh jawab. Ini menunjukkan kalau kamu percaya diri dan berpikir dengan baik. 😊

         

        2.      Kamu menggunakan nama pewawancara dengan alami sekali

        ↳ Di awal cerita terbesar kamu. Menciptakan koneksi bawah sadar.

        Misalnya, saat kamu cerita pengalaman besar, sebut nama pewawancaranya sekali. Ini akan membuat kamu terlihat lebih akrab dan membangun koneksi secara otomatis. 😊

         

        3.      Kamu mengakui apa yang tidak ada di resume kamu.

        ↳ “Saya sedang bekerja untuk meningkatkan…” Menunjukkan kesadaran diri yang langka/menunjukkan kalau kamu punya kesadaran diri yang jarang dimiliki orang lain. 😊

         

        4.      Kamu bertanya tentang perjalanan mereka dengan rasa ingin tahu yang tulus

        ↳ “Apa yang membawa kamu ke perusahaan ini?” Ini akan mengubah dinamika kekuatan dalam percakapan. 😊

         

        5.      Kamu tetap tenang saat masalah teknis terjadi

        ↳ “Terima kasih atas kesabaran kamu” menjadi langkah kekuatan kamu.

         

        6.      Kamu mengangkat kekhawatiran potensial secara proaktif

        ↳ “Izinkan saya menjawab apa yang mungkin kamu pikirkan…” Menunjukkan kepercayaan diri.

         

        7.      Kamu berbagi penghargaan dalam setiap cerita kesuksesan

        ↳ Sebut nama rekan tim. Membuktikan kamu seorang pembangun budaya.

         

        8.      Kamu merujuk poin percakapan sebelumnya secara alami

        ↳ Anyam kata-kata mereka ke dalam cerita kamu. Menunjukkan pendengaran yang mendalam.

         

        9.      Kamu mengakui peralihan karier kamu dengan keyakinan

        ↳ “Peralihan itu mengajari saya…” Mengubah celah menjadi pertumbuhan.

        10.   Kamu menindaklanjuti dengan referensi pribadi

        ↳ ” “Poin kamu tentang X sangat mengena bagi saya…” Ini menunjukkan kamu berpikir dan merenung dengan baik. 😊

         

        Kesuksesan wawancara kamu bukan tentang jawaban sempurna. Jadi, yang penting adalah bagaimana kamu benar-benar hadir dan fokus saat wawancara. 😊

      • Albert Yosua
        Participant

        Legend

        5 Requirements

        1. Log in to website 50 times
        2. Reply to a topic 50 times (Optional)
        3. Watch any video 10 times (Optional)
        4. Create a new topic 20 times
        5. Reply to a topic 10 times
        GamiPress Thumbnail
        Achievement Thumbnail
        Image 2 replies

          Saya setuju banget dengan semua yang dibagikan di sini! Memang benar, persiapan itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita bisa menunjukkan kecerdasan emosional (EQ) saat wawancara. Kecerdasan emosional ini yang membuat kita berbeda dan memberikan kesan yang lebih mendalam.

          Menambahkan beberapa poin:

          • Kekuatan Sikap Tenang: Ketika situasi menjadi tegang atau ada gangguan teknis, tetap tenang dan memberi kesan bahwa kita mampu menghadapinya dengan tenang menunjukkan kemampuan kita untuk menangani tekanan—sebuah kualitas yang sangat dihargai oleh perusahaan.

          • Kesadaran Diri & Perkembangan: Mengakui kekurangan atau area yang perlu diperbaiki, lalu menunjukkan upaya untuk terus belajar dan berkembang, sangat penting. Ini menunjukkan kita bukan hanya tahu kekuatan kita, tetapi juga tahu bagaimana cara untuk menjadi lebih baik.

          • Membangun Koneksi Emosional: Seperti yang sudah disebutkan, menciptakan koneksi dengan pewawancara lewat percakapan yang lebih manusiawi dan tidak hanya soal “jawaban sempurna” sangat penting. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Apa yang membawa kamu ke perusahaan ini?” bisa jadi titik awal percakapan yang lebih kaya, dan akan memberi kesan bahwa kita benar-benar tertarik pada perusahaan dan orang-orang di dalamnya.

          Wawancara bukan hanya soal menghafal jawaban, tetapi bagaimana kita bisa membangun hubungan yang lebih mendalam dan menunjukkan kepribadian kita yang sebenarnya. 😊

        • Rizki Ardi
          Participant

          Legend

          5 Requirements

          1. Log in to website 50 times
          2. Reply to a topic 50 times (Optional)
          3. Watch any video 10 times (Optional)
          4. Create a new topic 20 times
          5. Reply to a topic 10 times
          GamiPress Thumbnail
          Achievement Thumbnail
          Image 2 replies

            Sebenernya wawancara yang bener itu kaya ngobrol, diskusi, saling mengenal. Bukan kaya interogasi. Santai dan ga tegang. Wawancara itu dua arah, bukan satu arah. Wawancara harusnya seru, bukan kaku.

            Btw, thanks tips2nya, berguna banget buat saya yang sedang cari kerja.

        Viewing 2 reply threads
        • You must be logged in to reply to this topic.
        Image

        Bergabung & berbagi bersama kami

        Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!