Apakah anda mencari sesuatu?

  • This topic has 2 replies, 3 voices, and was last updated 1 week, 2 days ago by ikhwan barokah.

Dilema Kemajuan Software Accounting

May 2, 2024 at 10:17 am
image
    • Image 2 replies
      Image 23 views
      Mr Riza Ilyasa
      Participant
        Up
        2
        ::

        Software akuntansi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu pekerjaan akuntan. mulai dari yang berbasis database sampai berbasis yang berbasis Cloud. Perkembangan teknologi dan juga pasar, menuntut para Developer software untuk mengembangkan software secanggih mungkin agar mudah digunakan oleh user.

        Tapi hal ini juga menjadi dilema bagi seorang akuntan, proses pembukuan juga semakin mudah, sehingga akan sangat berkemungkinan bisa dikerjakan oleh anak yang tidak memiliki basic akuntansi, (bukan berarti menyampingkan keilmuan akuntansi) , karena sangat canggihnya software akuntansi pada jaman ini membuat proses pembukuan, rekonsiliasi dll jadi mudah.

        Disisi management perusahaan, ada kemungkinan untuk tidak meng Hire karyawan yang tidak memiliki Basic akuntansi DIII, ataupun S1 yang dimana akan di gaji cukup tinggi. pemilik perusahaan mungkin akan mencari anak tamatan SMA atau SMK yang bisa di gaji di bawah gaji anak tamatan DIII atau S1 pada umumnya. Hanya cukup mengarahkan beberapa step step akuntansi . Bahkan juga sudah diberikan panduannya.

        Belajar dari Pengalaman di tahun 2011-2013, Penulis masih menggunakan Excel untuk melakukan Proses pembukuan, mulai dari pembuatan rumus, sum, if, dll sampai logika akuntansi, yang di kenal dengan EFA ( Excel For Accounting) ,

        Sangat sulit untuk menghitung  sebagai contoh: penyusutan, rekonsiliasi, HPP, Jurnal Penutup, dengan adanya software accounting, Terutama Jurnal.id hehehe. semua kesulitan akan terasa mudah. untuk proses sangat sampang dikerjakan oleh orang yang sedikit memiliki basic akuntansi atau mungkin tidak memiliki basic sama sekali. (Mungkin ya)

        nah disinilah kita para akuntan, terutama Penulis untuk mengembangkan potensi diri,  dengan adanya Jurnal.id bisa meningkatkan kemampuan, skill, analisis, reporting, mungkin juga bisa Consulting.

        Bagaimana dengan teman teman akuntan lainnya? hehe.

      • Image 2 replies
        Image 23 views
        Iqra Alfi Zahrin
        Keymaster

          Waah ada mas Riza nih 🔥🔥

        • Image 2 replies
          Image 23 views
          ikhwan barokah
          Participant

            Halo pak riza salam kenal.. Sy setuju dgn pernyataan bapak di atas, kalau jaman skrg sudah semakin canggih khususnya untuk aktivitas akuntansi sudah smkin gampang karena udh ada byk aplikasi pendukung. Sy sendiri bkn org yg memiliki back ground akunting hehehe jd skrg lg bljr u/analisis dan menulis laporan sja

        Viewing 2 reply threads
        • You must be logged in to reply to this topic.
        Image

        Bergabung & berbagi bersama kami

        Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!