Home / Topics / Human Resource / Disukai atau Dihormati di Tempat Kerja! Mana yang Lebih Penting?
- This topic has 2 replies, 3 voices, and was last updated 3 weeks, 6 days ago by Albert yosua.
Disukai atau Dihormati di Tempat Kerja! Mana yang Lebih Penting?
October 8, 2024 at 10:21 am-
-
2 repliesUp::0
Sebagai karyawan baru, pasti sulit ya bikin orang kantor suka sama kamu sekaligus ngehargain kamu. Eits, tenang! Untuk punya reputasi bagus di kantor, kamu butuh dua-duanya loh: disukai dan dihormati.
Berikut tips untuk menarik rasa hormat:
- Gunakan Bahasa yang Baik: Hindari kata-kata kayak “mustahil,” “sayangnya,” dan “masalah” di email. Kalau minta sesuatu, fokusnya ke apa yang kamu mau, bukan apa yang enggak kamu mau.
- Semangatin Teman Sekantor: Merasa kerja kerasmu kurang dilirik? Mungkin orang lain juga ngerasain hal yang sama. Cobain puji kerja temanmu kalau kamu lihat ada yang bagus.
- Dengarkan dengan Atensi: Tunjukkan rasa hormat untuk mendapatkan rasa hormat. Pasti deh, kalo kamu fokus dengerin orang ngomong tanpa main HP, mereka bakal lebih ngehargain kamu. Tunggu sampai mereka selesai ngomong sebelum menyela.
- Kurangi Kata “Saya”: Kalau merasa diabaikan, biasanya kita suka umbar-umbar prestasi. Tapi, malah terkesan lebih percaya diri dan berwibawa kalau kamu mengurangi penggunaan kata “saya”.
- Bangga dengan Diri Sendiri: Jangan pernah meremehkan kemampuanmu! Terus belajar dan berkembang biar kamu selalu merasa mampu. Buat batasan yang jelas antara kerja dan kehidupan pribadi.
Cara Disukai Tanpa Jadi Penjilat:
- Jangan Dramatisir Masalah: Ngomongin terus masalah yang kamu hadapi cuma bikin orang risih dan keliatannya kamu cuma mementingkan diri sendiri.
- Jangan Terlalu (Pura-Pura) Bersemangat: Kelihatan dibuat-buat malah bikin kamu kurang disukai. Lebih baik bicara dengan nada positif yang natural.
- Jujur Kalau Gak Bisa: Gak usah bikin alasan atau cerita panjang lebar kalau kamu gak bisa. Itu malah bikin kamu keliatan nggak kompeten, insecure, dan nggak bisa dipercaya.
- Istirahat Sejenak: Gak perlu selalu terlihat enerjik dan bahagia terus-terusan. Tenang aja, kamu juga manusia kok!
- Percaya sama Orang Lain: Semangatin mereka untuk ngelakuin hal yang mereka anggap nggak bisa. Kamu bakal beda dari orang lain di mata mereka.
Source : Monday Mavens by Mekari
-
LiaParticipant
Piooner
4 Requirements
- Log in to website 10 times
- Reply to a topic 3 times
- Create a new topic 1 time
- Watch any video 1 time (Optional)
2 repliesOctober 9, 2024 at 10:18 amMakasih pak Ardi, tipsnya sangat berguna.
-
Albert yosuaParticipant
Piooner
4 Requirements
- Log in to website 10 times
- Reply to a topic 3 times
- Create a new topic 1 time
- Watch any video 1 time (Optional)
2 repliesOctober 11, 2024 at 3:48 pmTerima kasih banyak atas tipsnya! Sangat membantu, terutama untuk karyawan baru seperti saya. Menjaga keseimbangan antara disukai dan dihormati memang penting, dan saya setuju bahwa cara berkomunikasi serta mendengarkan dengan baik adalah kunci.
Juga, penting untuk percaya diri dengan kemampuan diri sendiri dan terus belajar. Saya akan berusaha menerapkan semua saran ini agar bisa lebih baik di lingkungan kantor. Semangat untuk kita semua dalam membangun hubungan yang positif di tempat kerja! 💪✨
-
- You must be logged in to reply to this topic.
Login terlebih dahulu , untuk memberikan komentar.
Peringkat Top Contributor
- #1 Albert yosuaPoints: 150
- #2 Ujang RahmatPoints: 58
- #3 LiaPoints: 57
- #4 Rizki ArdiPoints: 49
- #5 DICKY IBROHIMPoints: 43
Artikel dengan topic tag terkait:
Tag : All
- Mekari Community Giveaway Tiket Mekari Conference 202423 July 2024 | General
- Cerita Bagaimana Akhirnya Saya Memilih Jurnal.id31 July 2024 | Finance & Tax
- Apakah Customer Service (CS) Bisa Dijadikan Sales Juga?23 August 2024 | Marketing & Sales
- Mekari Community Recap 20239 January 2024 | Mekari Update
- Apa kata AI tentang Manfaat Koperasi Karyawan?19 September 2024 | General