Apakah anda mencari sesuatu?

Disukai atau Dihormati di Tempat Kerja! Mana yang Lebih Penting?

October 8, 2024 at 10:21 am
image
    • Rizki Ardi
      Participant

      Legend

      5 Requirements

      • Log in to website 50 times
      • Reply to a topic 50 times (Optional)
      • Watch any video 10 times (Optional)
      • Create a new topic 20 times
      • Reply to a topic 10 times
      Image 2 replies
        Up
        0
        ::

        Sebagai karyawan baru, pasti sulit ya bikin orang kantor suka sama kamu sekaligus ngehargain kamu. Eits, tenang! Untuk punya reputasi bagus di kantor, kamu butuh dua-duanya loh: disukai dan dihormati.

        Berikut tips untuk menarik rasa hormat:

        • Gunakan Bahasa yang Baik: Hindari kata-kata kayak “mustahil,” “sayangnya,” dan “masalah” di email. Kalau minta sesuatu, fokusnya ke apa yang kamu mau, bukan apa yang enggak kamu mau.
        • Semangatin Teman Sekantor: Merasa kerja kerasmu kurang dilirik? Mungkin orang lain juga ngerasain hal yang sama. Cobain puji kerja temanmu kalau kamu lihat ada yang bagus.
        • Dengarkan dengan Atensi: Tunjukkan rasa hormat untuk mendapatkan rasa hormat. Pasti deh, kalo kamu fokus dengerin orang ngomong tanpa main HP, mereka bakal lebih ngehargain kamu. Tunggu sampai mereka selesai ngomong sebelum menyela.
        • Kurangi Kata “Saya”: Kalau merasa diabaikan, biasanya kita suka umbar-umbar prestasi. Tapi, malah terkesan lebih percaya diri dan berwibawa kalau kamu mengurangi penggunaan kata “saya”.
        • Bangga dengan Diri Sendiri: Jangan pernah meremehkan kemampuanmu! Terus belajar dan berkembang biar kamu selalu merasa mampu. Buat batasan yang jelas antara kerja dan kehidupan pribadi.

        Cara Disukai Tanpa Jadi Penjilat:

        • Jangan Dramatisir Masalah: Ngomongin terus masalah yang kamu hadapi cuma bikin orang risih dan keliatannya kamu cuma mementingkan diri sendiri.
        • Jangan Terlalu (Pura-Pura) Bersemangat: Kelihatan dibuat-buat malah bikin kamu kurang disukai. Lebih baik bicara dengan nada positif yang natural.
        • Jujur Kalau Gak Bisa: Gak usah bikin alasan atau cerita panjang lebar kalau kamu gak bisa. Itu malah bikin kamu keliatan nggak kompeten, insecure, dan nggak bisa dipercaya.
        • Istirahat Sejenak: Gak perlu selalu terlihat enerjik dan bahagia terus-terusan. Tenang aja, kamu juga manusia kok!
        • Percaya sama Orang Lain: Semangatin mereka untuk ngelakuin hal yang mereka anggap nggak bisa. Kamu bakal beda dari orang lain di mata mereka.

        Source : Monday Mavens by Mekari

        https://www.linkedin.com/pulse/guide-corporate-newbies-monday-mavens-edition-mekari-kdxhc/?trackingId=%2FjcXbIpOiBkyj6foCcx99Q%3D%3D

      • Lia
        Participant

        Piooner

        4 Requirements

        • Log in to website 10 times
        • Reply to a topic 3 times
        • Create a new topic 1 time
        • Watch any video 1 time (Optional)
        Image 2 replies

          Makasih pak Ardi, tipsnya sangat berguna.

        • Albert yosua
          Participant

          Piooner

          4 Requirements

          • Log in to website 10 times
          • Reply to a topic 3 times
          • Create a new topic 1 time
          • Watch any video 1 time (Optional)
          Image 2 replies

            Terima kasih banyak atas tipsnya! Sangat membantu, terutama untuk karyawan baru seperti saya. Menjaga keseimbangan antara disukai dan dihormati memang penting, dan saya setuju bahwa cara berkomunikasi serta mendengarkan dengan baik adalah kunci.

            Juga, penting untuk percaya diri dengan kemampuan diri sendiri dan terus belajar. Saya akan berusaha menerapkan semua saran ini agar bisa lebih baik di lingkungan kantor. Semangat untuk kita semua dalam membangun hubungan yang positif di tempat kerja! 💪✨

        Viewing 2 reply threads
        • You must be logged in to reply to this topic.
        Image

        Bergabung & berbagi bersama kami

        Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!