- This topic has 2 replies, 3 voices, and was last updated 1 week, 5 days ago by Lia.
Kamu Mau Jadi Leader yang Memanusiakan Manusia? Ini Dia Tipsnya.
January 6, 2025 at 10:03 pm-
-
2 repliesUp::1
Buat kamu-kamu yang punya anak buah, inget-inget ya bawahan kalian juga orang bukan pohon yang perlu dimanusiakan. Karenanya jadilah leader yang bisa memanusiakan manusia. Bukan leader yang merobotkan manusia.
1. Ngasih brief yang jelas dan actionable
Pemimpin yang baik selalu memberikan arahan yang jelas dan bisa langsung diambil tindakan. Ini bikin semua orang paham apa yang harus dilakukan. Berbeda dengan pemimpin yang “cuma drama”, yang sering kasih brief yang bikin bingung, rancu, abstrak. Jadi kita malah nyasar dan gak tahu harus mulai dari mana dan ngapain.2. Feedback spesifik dan to the point
Seorang pemimpin yang efektif memberikan umpan balik yang langsung ke inti masalah, jadi kita bisa segera memperbaiki yang kurang. Sementara itu, ada pemimpin yang minta kita revisi, tapi gak jelas apa yang sebenarnya mereka mau. Kadang minta begini, kadang minta begitu, kadang bilang terserah tapi protes ketika lihat hasilnya.3. Mau turun tangan kalau urgent
Pemimpin yang bener-bener peduli biasanya siap membantu langsung saat ada situasi mendesak. Di sisi lain, yang suka drama cenderung lempar tugas ke anggota tim terus pergi, jadinya kita cuma ditinggal sendiri saat butuh dukungan. Pemimpin yang baik tidak pernah lepas tangan.4. Deadline selalu realistis
Pemimpin yang baik mengatur waktu dengan bijak dan menetapkan tenggat yang bisa dicapai. Sebaliknya, ada juga pemimpin yang punya target terlalu tinggi, seakan-akan kita bisa bikin semua itu dalam semalam! Ingat bawahan Anda itu manusia, bukan jinnya Bandung Bondowoso.5. Bahas target pakai data akurat
Saat menentukan target, yang profesional menggunakan data yang solid untuk mendukung keputusannya. Sayangnya, ada pemimpin yang menetapkan keputusan berdasarkan feeling semata, yang seringkali membawa kita ke arah yang salah. Dasar pengambilan keputusannya seringkali ga bisa dimengerti oleh tim.6. Respect waktumu, ga dadakan
Pemimpin yang bijaksana menghargai waktu timnya dengan merencanakan pertemuan yang penting dan tidak mendadak. Sementara itu, ada yang suka mengadakan meeting tanpa alasan jelas, bikin kita merasa waktu kita terbuang sia-sia. Ingat waktu orang itu berharga. Daripada hadir di meeting yang ga perlu-perlu amat kan lebih baik buat nyelesain pekerjaan.7. Selesaikan konflik tanpa drama
Konflik adalah hal biasa dalam tim, tapi pemimpin yang baik tahu bagaimana menanganinya secara profesional, tanpa harus ramai-ramai. Di sisi lain, ada yang lebih suka mencari siapa yang salah, seakan-akan itu yang lebih penting daripada menemukan solusi. Konflik ada untuk diselesaikan dan diambil pelajaran darinya agar tidak terulang konflik yang sama.8. Active listening sebelum nge-judge
Pemimpin yang hebat mempunyai prinsip ‘we listen, but we don’t judge”. Ia mendengarkan masukan dari tim secara adil sebelum memberikan penilaian. Berbeda dengan pemimpin yang hanya peduli pada gosip yang beredar di kantor, jadi seringkali mengambil keputusan yang keliru.9. Apresiasi progress tim, gak hanya hasil
Seorang pemimpin yang baik memberi penghargaan pada setiap langkah kemajuan yang dilakukan tim, bukan hanya saat hasilnya besar. Tanpa apresiasi ini, tim bisa merasa kerja keras mereka tidak dihargai. Progress seberapapun kecilnya patut diapresiasi.10. Ngasih alternatif solusi, bukan cuma ngeluh
Pemimpin yang produktif akan memberikan solusi atau ide-ide baru alih-alih hanya mengeluh tentang masalah yang ada. Sebaliknya, ada yang hobi mengeluh tetapi meninggalkan semua solusi untuk timnya pikirkan sendiri.Gimana… Apakah kalian udah merasa jadi pemimpin yang baik selama ini? Kalau belum, belum terlambat loh untuk memperbaiki diri.
-
Muhammad Yusuf RahulKeymaster
Piooner
4 Requirements
- Log in to website 10 times
- Reply to a topic 3 times
- Create a new topic 1 time
- Watch any video 1 time (Optional)
2 repliesJanuary 8, 2025 at 3:45 pmSetuju banget sama Pak Rizki Ardi! Jadi leader tuh gak cuma soal ngasih perintah, tapi gimana bikin tim nyaman dan kerja bareng dengan jelas, respect, dan penuh support. Kalau leadernya drama, tim yang kena mental duluan. Yuk sama-sama belajar jadi leader yang beneran manusiawi! 🚀
-
LiaParticipant
Rockstar
4 Requirements
- Log in to website 25 times
- Reply to a topic 7 times
- Create a new topic 5 times
- Watch any video 2 times
2 repliesJanuary 9, 2025 at 9:02 pmMungkin secara keseluruhan, tulisan ini merupakan sebuah pengingat yang baik bagi para pemimpin untuk selalu menempatkan karyawan sebagai manusia dan bukan sekadar alat untuk mencapai tujuan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang baik, seorang pemimpin dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif, serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan karyawan.
-
- You must be logged in to reply to this topic.
Login terlebih dahulu , untuk memberikan komentar.
Peringkat Top Contributor
- #1 RHENNIE DEWI ARGIYANTIPoints: 79
- #2 Edi GunawanPoints: 40
- #3 Bhre KiranaPoints: 30
- #4 Virgian M PratamaPoints: 26
- #5 malaPoints: 17
Artikel dengan topic tag terkait:
Tag : All
- Kuis Spesial Menyambut Tahun Baru 2025!11 December 2024 | General
- Mekari Community Giveaway Tiket Mekari Conference 202423 July 2024 | General
- Cerita Bagaimana Akhirnya Saya Memilih Jurnal.id31 July 2024 | Finance & Tax
- Mekari Community Recap 20239 January 2024 | Mekari Update
- Apakah Customer Service (CS) Bisa Dijadikan Sales Juga?23 August 2024 | Marketing & Sales