::
Leader yang baik harus jago manfaatin orang. Banyak orang yang salah paham dan menganggap manfaatin orang itu hal buruk. Padahal ini adalah skill leadership paling penting yang jarang dibahas orang-orang. Seringkali tim dianggap nggak bisa kerja, padahal leadernya yang nggak bisa bagi tugas. Kok bisa? Karena leadernya nggak bisa manfaatin orang dan nggak paham letak kekuatan masing-masing anggota timnya.
Ibarat kamu mau bangun rumah pakai alat tukang yang salah. Bayangin kalau kamu pakai gergaji buat mukul paku, dan pakai palu buat motong kayu. Nggak peduli seberapa bagus alatnya, nggak peduli sebesar apa tenaganya, dan nggak peduli sebanyak apa waktu yang dihabiskan kalau salah pakai alat hasilnya pasti berantakan. Intinya setiap orang punya kelebihan, tapi kalau ditempatkan sembarangan kinerjanya nggak akan memuaskan.
Dalam leadership bagi tugas itu kaya main puzzle, potongan yang tepat di tempat yang tepat bikin gambarnya sempurna. Leader yang baik tahu gimana nyusun tiap potongan dalam teamwork. Makanya leader yang hebat bukan mereka yang bisa ngerjain semuanya sendirian. Tapi yang tahu siapa yang paling cocok untuk setiap pekerjaan.
Manfaatin anggota tim itu bukan eksploitasi, tapi strategi. Pelatih sepakbola nggak akan nyuruh striker jadi kiper, bukan karena strikernya nggak bisa, tapi karena itu bukan posisi terbaik buat dia. Ingat pembagian tugas itu tujuannya bukan cuma untuk meringankan beban, tapi juga untuk memaksimalkan hasil.
Source IG @yohanesauriflux
#BeABetterLeaderThisYear