Apakah anda mencari sesuatu?

Penggunaan chatbot ke customer

July 26, 2024 at 4:06 pm
image
    • CES Agent
      Participant
      GamiPress Thumbnail
      Image 5 replies
      Image 85 views
        Up
        0
        ::

        Apakah dengan chatbot ini lebih efektif dan apakah customer bisa diarahkan menggunakan bot ini?

      • Mekari Community
        Keymaster
        GamiPress Thumbnail
        Achievement ThumbnailAchievement ThumbnailAchievement ThumbnailAchievement Thumbnail
        Image 5 replies
        Image 85 views

          Halo Kak! Tentunya dengan chatbot Mekari Qontak bisa untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjawab banyaknya chat dari customer. Kalau dari sisi customer, jika company kakak sudah menggunakan chatbot, maka nantinya akan otomatis ter-assign juga kak untuk dapat membantu meresponse chat customer. Semoga mennjawab 🙂

        • Rizki Ardi
          Participant
          GamiPress Thumbnail
          Achievement Thumbnail
          Image 5 replies
          Image 85 views

            FYI, penggunaan chatbot ini sudah umum digunakan oleh banyak perusahaan. Terutama perusahaan dengan banyak sekali customer seperti e-commerce dan ekspedisi. Ga mungkin kan melayani ratusan ribu bahkan jutaan komplain pelanggan dengan murni personil manusia. Bayangkan berapa personil customer service yang harus standby. Belum lagi berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

            Jadi penggunaan chat bot is a must, selama relevan dengan customer experience.

          • Faradila Utami
            Participant
            GamiPress Thumbnail
            Image 5 replies
            Image 85 views

              Aku mau nambahin dari perspective B2B. Apalagi Healthcare ya, agak susah untuk enforce utilisasi chatbot. Praktek nya ya semua mau langsung ngobrol dengan agent.

            • Edi Gunawan
              Participant
              GamiPress Thumbnail
              Image 5 replies
              Image 85 views

                Menurut pandangan saya, untuk penggunaan chatbot ini sepertinya tidak selalu efektif, terutama untuk beberapa kasus pertanyaan ataupun beberapa segmen perusahaan,
                untuk pertanyaan umum mungkin cocok digunakan oleh mesin penjawab bot, sedangkan untuk pertanyaan lebih dalam biasanya bot tidak bisa memenuhi pertanyaan.

                Beberapa contoh yang menghilangkan contact center secara full seperti industri penerbangan pada maskapai Lion Air Group, ini sebenarnya mempersulit user untuk memperoleh informasi tertentu yang terkadang tidak disediakan oleh chatbotnya.

              • Albert Yosua
                Participant
                GamiPress Thumbnail
                Achievement Thumbnail
                Image 5 replies
                Image 85 views

                  Saya setuju dengan Rizki, penggunaan chatbot memang sudah sangat umum di perusahaan dengan volume pelanggan yang tinggi, terutama di sektor e-commerce dan ekspedisi. Chatbot bisa sangat membantu untuk menangani pertanyaan umum dan meningkatkan efisiensi. Namun, saya juga paham bahwa di beberapa industri, terutama yang lebih kompleks seperti healthcare atau sektor yang membutuhkan sentuhan personal, chatbot bisa jadi kurang efektif. Untuk pertanyaan yang lebih teknis atau spesifik, keberadaan manusia masih sangat dibutuhkan. Jadi, meskipun chatbot bisa meningkatkan efisiensi, penting untuk memastikan bahwa customer experience tetap menjadi prioritas, dan chatbot harus bisa berfungsi dengan baik tanpa menggantikan kebutuhan untuk interaksi langsung jika diperlukan

              Viewing 5 reply threads
              • You must be logged in to reply to this topic.
              Image

              Bergabung & berbagi bersama kami

              Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!