Apakah anda mencari sesuatu?

  • This topic has 5 replies, 2 voices, and was last updated 2 days, 1 hour ago by Faisal Faisal.

Sudah 4 Bulan menggunakan Mekari Qontak, dan ternyata…

May 27, 2025 at 9:18 am
image
    • Faisal Faisal
      Participant
      GamiPress Thumbnail
      Image 5 replies
      Image 74 views
        Up
        2
        ::

        Pengalaman pertama menggunakan Omni Channel untuk company Startup Saya, Kumasindo, adalah sangat MEMBINGUNGKAN. Tadinya hanya membantu CS yang di kami disebut Client Care (CC) untuk membalas percakapan leads di luar jam kerja.

        Di Kontrak jangka pendek pertama kami, di 3 bulan pertama, kami sangat dipaksa untuk belajar piranti baru yang cukup banyak menu dan tidak se-fleksibel WA bisnis di mobile. Dan perusahaan memberikan target di kontrak 3 bulan ke dua harus memiliki hasil yang signifikan. Long Story Short saya selalu meyakinkan bahwa Qontak dari Mekari ini adalah masa depan CC di Kumasindo, dan masuk di bulan ke 4 saya merubah strategi Marketing dengan Mekari Qontak.

        Kegiatan Marketing harus dikurasi dulu oleh nomor yang kami gunakan di Qontak Mekari, dari Iklan Meta Ads yang funnel nya adalah CTWA kami arahkan semuanya ke Omni Channel nya Qontak dan harus dibalas oleh Chat Bot yang sudah kita desain bareng-bareng dengan tim Mekari, dan hasilnya cukup mencengangkan.

        Di minggu pertama, kami mendapat jumlah leads yang sama seperti biasanya namun yang paling kelihatan perbedaannya adalah Leads kami lebih berkualitas. Chatbot berhasil menyaring para customer yang memang benar-benar niat beli produk kami. Dan Sekarang minggu ke-4 di bulan ke empat kami menjalankan Qontak, evaluasinya adalah menajamkan chatbot agar bisa lebih terlihat humanis agar tingkat konversinya semakin tinggi.

        Sebagai penutup, kami mengucapkan terima kasih atas platform yang ditawarkan oleh Mekari kepada Kumasindo yang merupakan sister company dari Kubah Emas Indonesia, sekaligus project trial error kami membangun CC yang lebih efektif. Update terbaru yang sebentar lagi rilis adalah Outbond dan Inbound Call, kami sangat menantinya. Dan juga AI nya Qontak “Airin” mungkin akan kami order untuk bulan depan biar semakin cetar kegiatan marketing Kumasindo.

      • Faisal Faisal
        Participant
        GamiPress Thumbnail
        Image 5 replies
        Image 74 views

          Ini Asli adalah pengalaman pribadi sebagai seorang Marketer di startup, jadi Disclaimer ya jika caranya atau strateginya berbeda.

        • Albert Yosua
          Participant

          Legend

          4 Requirements

          1. Log in to website 50 times
          2. Reply to a topic 50 times (Optional)
          3. Watch any video 10 times (Optional)
          4. Create a new topic 20 times
          GamiPress Thumbnail
          Achievement Thumbnail
          Image 5 replies
          Image 74 views

            Menarik sekali bagaimana chatbot bisa menyaring leads yang lebih berkualitas. Saya penasaran, apakah ada tantangan khusus saat mendesain chatbot agar tetap terdengar natural dan humanis? Karena ini sepertinya jadi kunci juga untuk meningkatkan konversi.

            • Faisal Faisal
              Participant
              GamiPress Thumbnail
              Image 5 replies
              Image 74 views

                Ini evaluasi banget sih kak di bulan ke 4 kami, prosentase nya banyak leads potensial yang kabur karena penanganan Copywriting Chatbot yang kurang tepat. Semoga saya bisa sharing lagi setelah kami lakukan evaluasi, kak Albert Yosua

            • Albert Yosua
              Participant

              Legend

              4 Requirements

              1. Log in to website 50 times
              2. Reply to a topic 50 times (Optional)
              3. Watch any video 10 times (Optional)
              4. Create a new topic 20 times
              GamiPress Thumbnail
              Achievement Thumbnail
              Image 5 replies
              Image 74 views

                Wah, ternyata copywriting di chatbot bisa berdampak sebesar itu ya terhadap kualitas dan konversi leads. Ini jadi insight berharga banget buat saya, terutama untuk startup yang juga sedang mulai mengandalkan automation di tahap awal.

                Kalau boleh tahu, strategi apa yang saat ini sedang Kak Faisal dan tim coba untuk membuat chatbot terdengar lebih humanis? Apakah lebih ke gaya bahasa, penggunaan emoji, atau mungkin storytelling dalam respons bot?

                • Faisal Faisal
                  Participant
                  GamiPress Thumbnail
                  Image 5 replies
                  Image 74 views

                    Evaluasinya saat ini kami mencoba untuk pendekatannya Coach Jim Gwee, bahwa CC (Client Care) atau tim sales itu bukan tempat informasi, tapi agen konversi.

                    Sebelumnya kami menyediakan terlalu banyak informasi di Chatbot, yang kadang tidak diperlukan prospek. Akhirnya ketika sudah merasa mendapat buanyak informasi, mereka akan menghilang dan kita di ghosting. Asumsinya mereka akan bandingkan harga ke yang lain.

                    Saat ini kami akan coba lebih interaktif dengan memanfaatkan Fitur Button, ketik karakter tertentu, otomatis replay dengan keyword text tertentu, pengaturan Chatbot dengan Conversation tertentu di luar jam kerja, dan sebagainya.

                    Intinya semua fitur yang disediakan mekari Qontak akan kami coba, sebelum memastikan menggunakan “Airin” nya Mekari Qontak – si AI nya Qontak.

              Viewing 3 reply threads
              • You must be logged in to reply to this topic.
              Image

              Bergabung & berbagi bersama kami

              Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!