Home / Topics / Marketing & Sales / Apa Bahasa Bayinya Struktur Campaign, Adset, dan Ads?
- This topic has 5 replies, 3 voices, and was last updated 1 day ago by
Albert Yosua.
Apa Bahasa Bayinya Struktur Campaign, Adset, dan Ads?
June 3, 2025 at 7:16 pm-
-
5 replies
36 views
Up::2Dalam struktur beriklan kita sering disajikan istilah Campaign, Adset dan juga Ads. Framework ini tidak hanya di Meta Ads saja, di platform beriklan yang lain pun akan serupa. Sebenarnya apasih ketiga komponen iklan tersebut? Bingung kan? yuk kita simak lebih lanjut analogi sederhananya.
Misalnya kita memiliki Sebuah Toko Kelontong,
Campaign, atau kampanye adalah kita sedang memikirkan “Saya ingin menarik lebih banyak orang datang ke toko.” atau lebih enaknya bisa kita sebut “Tujuan Promosi”
Adset, adalah kita bilang “Promosi ini akan saya tujukan kepada orang-orang yang berumur antara 25-30 tahun, yang tinggal di Kompleks Rahayu, Khusus untuk Bapak-bapak yang Hobi memancing, terus Promosinya nanti pengen saya tampilin di Instagram doang.” atau sering kami namakan “Susunan Strategi”.
Ads, atau sering disebut Creative Area analoginya adalah ketika tujuannya sudah jelas, susunan strateginya juga jelas, selanjunya “Untuk narik audience Bapak-bapak yang ada di Instagram tadi, maka aku bikinin Poster paling menarik dengan penawaran yang tidak mungkin untuk ditolak” atau biasa sering kami sebut “Bentuk Promosi yang dilihat orang”.
Kalau diringkas: Campaign = Tujuan Promosi, Adset = Strategi Promosi, Ads = Gambar dan Isi Iklan. Jadi, jangan asal jalankan iklan. Dalam beriklan akan kami berikan contoh, Kampanye: Payday Sale, Adset: Orang Kantoran yang berumur 24-50 tahun ada di Jawa Timur yang hobinya lari dan naik sepeda, Ads: Image diskon 50%, Video dengan KOL yang sedang gajian, Carousel item-item yang sedang diskon.
Pahami dulu fondasinya, mulai dari tujuan (Campaign), strategi (Ad Set), hingga tampilannya (Ads). Iklan yang tepat dimulai dari struktur yang benar.
-
Albert Yosua
ParticipantLegend
4 Requirements
- Log in to website 50 times
- Reply to a topic 50 times (Optional)
- Watch any video 10 times (Optional)
- Create a new topic 20 times
5 replies
36 views
June 4, 2025 at 12:51 amKadang memang banyak yang masih bingung bedain Campaign, Adset, sama Ads, padahal ketiganya itu fondasi utama supaya iklan bisa jalan efektif.
Kalau dianalogikan ke toko kelontong jadi gampang paham ya, mulai dari tujuan besar (Campaign), sampai strategi detail (Adset), dan akhirnya konten yang dilihat audiens (Ads).
Menurut saya, seringkali kegagalan kampanye karena salah fokus di salah satu level aja, misalnya kreatifnya bagus tapi targetnya nggak tepat, atau target udah pas tapi goal-nya kurang jelas. Jadi, bener banget penting untuk atur dan pahami semua level ini dengan baik.
Kalau teman-teman lain, biasanya ada tantangan apa sih saat bikin struktur iklan yang efektif?
-
Lia
ParticipantLegend
4 Requirements
- Log in to website 50 times
- Reply to a topic 50 times (Optional)
- Watch any video 10 times (Optional)
- Create a new topic 20 times
5 replies
36 views
June 4, 2025 at 11:27 amWah meskipun aku bukan orang marketing, tapi penjelasan ini gampang banget dipahami! Jadi ngerti sedikit tentang dunia periklanan digital. Makasih Faisal udah jelasin dengan analogi yang relatable 🙏
-
Faisal Faisal
ParticipantPiooner
4 Requirements
- Log in to website 10 times
- Reply to a topic 3 times
- Create a new topic 1 time
- Watch any video 1 time (Optional)
5 replies
36 views
June 4, 2025 at 3:09 pmMakasih kak Lia, semoga artikel berdasarkan pengalaman saya ini bisa membantu
-
Faisal Faisal
ParticipantPiooner
4 Requirements
- Log in to website 10 times
- Reply to a topic 3 times
- Create a new topic 1 time
- Watch any video 1 time (Optional)
5 replies
36 views
June 4, 2025 at 3:14 pmSama-sama kak Lia, pengalaman pribadi pas awal ngiklan, bingung area Campaign dikirain Adset soalnya
-
Albert Yosua
ParticipantLegend
4 Requirements
- Log in to website 50 times
- Reply to a topic 50 times (Optional)
- Watch any video 10 times (Optional)
- Create a new topic 20 times
5 replies
36 views
June 22, 2025 at 6:36 pmAku setuju, sering banget masalah kampanye muncul karena kita nggak menyelaraskan ketiga elemen ini. Misalnya, kreatifnya keren, tapi mis-targeting atau kebalikannya, target udah pas tapi kreatifnya nggak menarik, akhirnya ya iklan nggak optimal.
Menurut saya, tantangan terbesar itu biasanya ada di penentuan target yang tepat di Adset. Kadang kita terlalu fokus dengan demografi dasar, tapi gak memperhatikan perilaku audiens yang lebih dalam. Misalnya, kita targetkan usia 25-40 tahun, tapi kita lupa kalau orang dengan usia yang sama bisa punya interest yang sangat berbeda.
Buat teman-teman lain, apakah kalian pernah ngalamin kesulitan dalam memilih audiens yang tepat untuk iklan kalian? Atau ada tips khusus dalam membuat segmentasi audiens yang efektif?
-
- You must be logged in to reply to this topic.
Login terlebih dahulu , untuk memberikan komentar.
Peringkat Top Contributor
- #1 Albert YosuaPoints: 422
- #2 WIDDY FERDIANSYAHPoints: 361
- #3 LiaPoints: 312
- #4 QubeelPoints: 134
- #5 Davin KhertadinataPoints: 132
Artikel dengan topic tag terkait:
Tag : All
- Kuis Spesial Menyambut Tahun Baru 2025!11 December 2024 | General
- Mekari Community Giveaway Tiket Mekari Conference 202423 July 2024 | General
- Valentine Edition: Ungkapkan Cintamu untuk Karier & Perusahaanmu6 February 2025 | General
- Mekari Community Recap 20239 January 2024 | Mekari Update
- Cerita Bagaimana Akhirnya Saya Memilih Jurnal.id31 July 2024 | Finance & Tax