Home / Topics / Marketing & Sales / Produkmu Itu Dijual Kepada Siapa sih Sebenarnya?
- This topic has 1 reply, 2 voices, and was last updated 46 minutes ago by
Albert Yosua.
Produkmu Itu Dijual Kepada Siapa sih Sebenarnya?
May 31, 2025 at 5:43 pm-
-
1 replies
9 views
Up::0Banyak yang bilang ketika ditanya seputar produk, “Eh target Market mu itu siapa?” dan akan dijawab “Target Market saya adalah semua Orang, jadi akan semakin banyak yang beli”. Banyak banget kan jawaban seperti ini? Padahal Seth Godin dan juga Philip Kotler sering banget bilang Prinsip dasar Marketing, -Bapaknya para Marketer-, “If you try to sell to everyone, you’ll end up selling to no one.” yang artinya “Jika kamu menjual ke semua orang, berarti kamu tidak menjual ke siapa pun”.
Dari statement para Mastah dunia ini kita bisa tarik kesimpulan bahwa dari jutaan market yang ada diluar sana, produk harus punya market spesifik untuk memenuhi demand di kategori tertentu. Baik itu bisa dari segi umur, demografi, habit, minat dan sebagainya. Semakin spesifik semakin bagus untuk kegiatan Marketing.
Pengalaman kami adalah test market menggunakan Meta Ads sebelum menentukan Buyer Persona dari produk kami. Kami memang bergerak dari Produk dulu, bukan dari Market dulu. Selanjutnya kita akan mengklasifikasikan Temperatur Marketnya yaitu: TOFU, MOFU, BOFU.
TOFU atau Top of Funnel adalah market yang COLD, mereka tidak tau siapa kita, tidak tau kalau mereka punya masalah dan tugasnya kita sebagai Marketer adalah mengenalkan branda dan menyadarkan mereka punya masalah yang terkait produk yang akan kita jual.
Kemudian MOFU atau Middle of Funnel adalah Market yang WARM, mereka sudah tau siapa kita dan mereka sadar bahwa mereka punya masalah serta berusaha untuk mencari solusinya, di area ini biasanya market sudah mulai tanya-tanya ke WA, kepo terkait brand kita. Tugas dari marketer adalah meyakinkan mereka bahwa benar, hanya brand kita lah solusi dari permasalahannya mereka.
Yang terakhir adalah BOFU atau Bottom of Funnel adalah market yang HOT, yang sudah mau transfer atau bayar cuman masih sering ke tahan, akhirnya belum closing-closing. Tugas marketer adalah Hard Selling, mengingatkan atau Checkout Reminder.
Nah itulah Market Temperatur yang selalu menjadi acuan tim Marketing kami untuk mencapai tujuan akhir, yaitu Closing dan capai target. Ketika sudah menemukan Fit Market, kemudian mengklasifikasinnya secara detail maka tim yang bertanggung jawab di TOFU (Adevertiser), MOFU (Sales) dan BOFU (Sales) akan punya sistem baku untuk mengalirkan Customer Journey kepada Closing. Mulailah dari mengenal audiensmu, karena di sanalah semua strategi marketing yang sukses bermula.
-
Albert Yosua
ParticipantLegend
4 Requirements
- Log in to website 50 times
- Reply to a topic 50 times (Optional)
- Watch any video 10 times (Optional)
- Create a new topic 20 times
1 replies
9 views
June 2, 2025 at 8:44 amInsight soal pentingnya mengenali siapa sebenarnya target market kita memang seringkali diremehkan, apalagi oleh pelaku bisnis yang masih di tahap awal. Banyak yang masih berpikir “semakin luas pasar, semakin besar peluang”, padahal malah bisa jadi jebakan karena pesan marketingnya jadi nggak nyambung ke siapa pun.
Penjelasan tentang Market Temperature (TOFU, MOFU, BOFU) juga sangat berguna! Saya pribadi setuju banget kalau strategi komunikasi dan pendekatan harus disesuaikan dengan posisi audiens dalam funnel. Sering kali kita terlalu cepat “jualan” ke audiens yang masih dingin, padahal mereka belum merasa butuh — akhirnya malah drop interest.
Saya juga tertarik dengan pendekatan Mas Faisal yang produk dulu baru market testing via Meta Ads. Ini cocok banget untuk produk yang sifatnya eksploratif atau belum ada benchmark kuatnya. Tapi memang risikonya, fase validasi bisa makan waktu dan budget kalau tidak diarahkan dengan segmentasi yang jelas sejak awal.
Saya jadi kepikiran — dalam proses menentukan Buyer Persona lewat Meta Ads itu, apakah Mas Faisal dan tim lebih mengandalkan data dari interest targeting atau juga combine dengan behavior (misalnya interaksi konten atau kunjungan ke landing page)?
-
- You must be logged in to reply to this topic.
Login terlebih dahulu , untuk memberikan komentar.
Peringkat Top Contributor
- #1 WIDDY FERDIANSYAHPoints: 552
- #2 Albert YosuaPoints: 538
- #3 LiaPoints: 265
- #4 Linda ElianaPoints: 176
- #5 QubeelPoints: 134
Artikel dengan topic tag terkait:
Tag : All
- Kuis Spesial Menyambut Tahun Baru 2025!11 December 2024 | General
- Mekari Community Giveaway Tiket Mekari Conference 202423 July 2024 | General
- Valentine Edition: Ungkapkan Cintamu untuk Karier & Perusahaanmu6 February 2025 | General
- Mekari Community Recap 20239 January 2024 | Mekari Update
- Cerita Bagaimana Akhirnya Saya Memilih Jurnal.id31 July 2024 | Finance & Tax