Apakah anda mencari sesuatu?

  • This topic is empty.

Jangan Lewatin Hal Ini Kalau Mau Raih Keuntungan Menjelang Lebaran!

April 2, 2024 at 2:59 pm
image
    • Image 0 replies
      Image 7 views
      Annisa Fadhilah
      Moderator
        Up
        0
        ::

        Bulan Ramadhan menjadi salah satu momentum yang cukup ditunggu oleh hampir semua orang, khususnya untuk umat muslim. Di bulan ini, perusahaan punya peluang yang lebih besar buat ningkatin omzet dan labannya. Karena apa? Yak betul, karena perilaku konsumsi masyarakat juga akan cenderung menningkat!

        Apalagi kalo waktu lebaran udah semakin dekat, orang-orang pastinya udah mulai banyak yang nyiapin untuk beli baju lebaran, atau beli dan bikin macam-macam kue, dan lain sebagainya. Tapi kita harus punya strategi yang mantep dan keren biar bisa manfaatin peluang lebaran ini sebaik mungkin. Caranya gimana?

        Caranya gini:

        1. Siapin persediaan produk yang cukup

        Cara pertama yang harus dilakuin adalah menjaga supaya inventory (persediaan) selalu cukup. Amannya persediaan produk bisa ditambah 2 sampai 4 kali lipat dari jumlah normal. Perusahaan juga harus dapat menyeimbangkan produksi dengan kebutuhan dan permintaan konsumen.

        2. Siapin juga gudang penyimpanan yang cukup biar usaha di bulan Ramadhan ini lancar

        Nah, karena jumlah unit yang disimpan akan bertambah, maka umumnya biaya untuk menyimpan di gudang juga bakal ikut bertambah. Tapi ini gak begitu signifikan, karena jumlah pembelian yang meningkat seharusnya bikin stok barang di gudang juga cepat habisnya.

        3. Jangan lupa juga buat mempertimbangkan safety stock & lead time 

        Batas aman dan waktu tunggu ini emang ga terlalu berpengaruh di awal-awal Bulan Ramadhan. Cuma kalo udah mendekati hari Lebaran, arus transportasi pasti bakal lebih rame dan padat (biasalah pada pulkam..). Makanya kamu harus memperhitungkan Lead Time dan Safety Stock ini biar bisa jalan sesuai rencana.

        4. Kasih promo atau paket bundling spesial lebaran!

        Ciattt, siapa sih yang ga suka promo?! Pasti semua orang suka kaan! Perusahaan bisa kasih bonus bagi produk yang ga ada hubungannya dengan bulan Ramadhan, biar produk lainnya bisa laku terjual juga~

        Bisa juga kasih promo buy 1 get 1 free, atau kasih kupon spesial Ramadhan.

        Kamu juga bisa bikin promo lebaran yang diganti setiap minggu, hal ini supaya calon pembeli bisa cepet-cepet check out karena takut keabisan promonya. Eits, tapi jangan terlalu cepet dan jangan kelamaan juga yaa buat nentuin jangka waktunya!

        5. Tambahin jam layanannya juga

        Karena ini spesial Ramadhan, perusahaan juga bisa banget untuk nambah jam layanan di waktu yang tepat buat jualan dan promosi, seperti setelah sahur, atau pas menjelang buka puasa, atau menjelang tengah malam. Dijamin cara ini ampuh deh!

        Oke, itu dia beberapa tips dan cara jitu supaya bisnis kamu bisa dapetin cuan sebanyak-banyaknya di detik-detik menjelang lebaran ini. Untungnya di Jurnal udah ada fitur yang mendukung juga, udah bisa bikin diskon, bundling produk, dan atur stok barang otomatis pake fulfillment! Udah siap banget deh buat tempur lebaran~

        Ada yang punya tips menarik lainnya? Coba spill di kolom komentar yaa! ^^

    Viewing 0 reply threads
    • You must be logged in to reply to this topic.

    Login terlebih dahulu , untuk memberikan komentar.

    Peringkat Top Contributor

    1. #1
      Sabrina Marsya
      Points: 21
    2. #2
      pikki
      Points: 14
    3. #3
      YOHAN
      Points: 14
    4. #4
      Nurin Najmi Fatih
      Points: 13
    5. #5
      finadm
      Points: 11

    Artikel dengan topic tag terkait:

    Tidak ada tag untuk topik saat ini.

    Image

    Bergabung & berbagi bersama kami

    Terhubung dan dapatkan berbagai insight dari pengusaha serta pekerja mandiri untuk perluas jaringan bisnis Anda!